Bisnis Digital Printing Skala Rumahan

Siapa bilang bisnis digital printing rumahan itu tidak mungkin untuk berjalan? Bahkan, banyak pengusaha sukses dalam bisnis ini memulai dari rumah. Selain itu, peralatan pencetakan ini dapat dibeli dengan harga yang terjangkau.

Selama 3-4 tahun terakhir semakin lazim dalam bisnis digital printing terlibat. Awalnya hanya di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Tapi semakin lama bisnis ini diperluas ke kota-kota lainnya di Indonesia.

Sebelum membuka usaha digital printing rumahan, Anda harus terlebih dahulu mengetahui jenis usaha digital printing cukup menguntungkan untuk dilakukan di rumah. Beberapa jenis usaha seperti: studio Mini foto, cutting sticker, kartu nama, nama label, brosur, dan spanduk. Modal yang dibutuhkan untuk tiga jenis usaha yang relatif terjangkau.

Peralatan
Untuk memulai bisnis ini, Anda perlu outlet (di sini Anda dapat menggunakan rumah pribadi), komputer, printer warna, dan mesin cetak. mesin cetak alternatif yang dapat Anda gunakan termasuk mesin ecosolvent. Mesin ini cocok untuk jenis ruangan iklan cetak. Misalkan ukuran billboard skala kecil, stiker, spanduk, brosur, atau kanvas foto. Sementara itu, jika Anda ingin mendirikan usaha berbasis mini-studio digital printing, mesin cetak yang dapat Anda gunakan adalah  Printer Epson

Konsumen
Konsumen dalam bisnis ini terdiri dari berbagai jenis kalangan dengan kepentingan berbeda. Untuk mahasiswa, proyek pencetakan digital biasanya dalam bentuk brosur, stiker, spanduk, mug printing, atau pin jika mereka memiliki acara di kampus. Sementara konsumen umum biasanya membuat bentuk pemesanan kartu nama, undangan, atau nama label untuk anak-anak mereka.

Jika lokasi Anda dekat dengan kampus, mahasiswa dapat Anda jadikan sebagai target pasar. Tetapi jika lokasi Anda adalah di lingkungan perumahan, Anda dapat mengajukan penawaran mencetak undangan pernikahan, khitanan, dan lain-lain.

karyawan
Akan menguntungkan jika Anda memiliki kemampuan di bidang desain grafis sehingga tidak perlu mempekerjakan karyawan. Tapi jika Anda tidak memiliki keahlian di bidang itu, ada alternatif lain yang dapat Anda lakukan, mengundang teman-teman yang memiliki keahlian di bidang grafis untuk bergabung dalam bisnis Anda, atau Anda dapat menyewa freelancer untuk bekerja pada desain yang Anda butuhkan .

Pemasaran
Hal ini dapat Anda lakukan pemasaran melalui media cetak seperti brosur atau selebaran di sekitar lingkungan atau kampus lingkungan. Sebagai permulaan, Anda juga dapat memberikan diskon khusus untuk pemesanan produk tertentu. Atau memberikan program diskon khusus bagi siswa.

Hal Yang Dilakukan Sebelum Terjun Di Bisnis Percetakan Digital
Mug Digital Printing sebagai Media Promosi